Jumat, 03 Maret 2017

Hong Kong Disneyland

Ceritanya hari ini kami mau puas-puasin diri main di sebuah theme park ternama di Hongkong, apalagi kalau bukan Hong Kong Disneyland. Kids senang sekali, apalagi Albert yang berarti ini kali kedua dia berkunjung ke Disneyland setelah sebelumnya pernah diajak ke Tokyo Disneyland. Hari sebelumnya kami menyempatkan diri ke Golden Bauhinia Square..

Untuk menuju ke sana seperti biasa naik transportasi andalan yaitu MTR (saya sendiri tidak mengerti mengapa itu anak-anak berdua suka sekali naik kereta cepat itu). Kalau dari Tsim Sha Tsui perjalanan memakan waktu kurang lebih 30-40 menit. Karena harus ganti jalur di Laiking Station baru menuju ke Sunny Bay Station. Dari sini barulah kemudian kita naik kereta khusus ke Disneyland yang sangat mudah dikenali...

Kereta bergambar kepala Mickey dan ada petunjuk tulisan
Di dalam keretanya juga nyaman kok...

Dalam kereta menuju HK Disneyland
Begitu sampai jangan lupa foto-foto dulu dong...

Untuk masuk ke dalam, tiket dan barang-barang bawaan akan diperiksa (pemeriksaan standar saja seperti theme park pada umumnya, kan nggak boleh bawa makanan dan minuman dari luar) Bagusnya sih sebelum pergi kita sudah beli dulu tiket masuknya baik melalui online ataupun melalui travel atau bisa juga di MTR Travel Shop untuk menghindari antrian dan juga harga yang lebih mahal.

Jangan lupa ambil peta dan dipelajari sebelum mulai explore, apalagi bagi yang membawa anak-anak karena jenis permainan biasa disesuaikan dengan tinggi badan anak... Ayo kita mulai!

Begitu melewati pintu masuk kita akan bertemu jalan utama yaitu Main Street USA. Di sepanjang jalan ini terdapat toko-toko souvenir dan beberapa restoran. Entar siang kita bisa nonton parade tokoh-tokoh disney (Disney Parade) dan malam hari acara kembang apinya juga di area ini.

Main Street USA
Ayo beli beberapa souvenir! saya beli tempelan kulkas bentuk foto dan gantungan kunci...

Karena bawa anak-anak apalagi yang seorang masih usia balita, maka area pertama yang kami kunjungi adalah Fantasy Land. Jangan lupa berfoto di Sleeping Beauty Castle...

Arena permainan ini memang cocok untuk anak-anak mirip dengan di Dunia Fantasy Ancol. Yuk cobain! Kita mulai dari carrousel.

Lunch juga di area ini...

Kalau mau souvenir murah ada juga kok. Kalau lihat ada mesin pencetak karakter gambar Disney segera tukarkan koin HKD 10 ke dalam mesin press koin trus pilih gambar maka keluarlah lempengan logam bergambar sesuai pilihan kita (Lokasi lihat di peta) waktu itu nggak sengaja ketemu setelah keluar toilet.

Mari kita lanjutkan perjalanan setelah kenyang. Terlihatlah wahana It's a Small World yaitu semacam istana boneka ala Dunia Fantasi, cuma yang di sini lebih luas tempatnya. Jangan lupa juga naik kereta yang menceritakan tentang Winnie the pooh di The Many Adventures of Winnie the Pooh dan jangan sampai ketinggalan menyaksikan pertunjukan 4D Mickey's Philhar Magic. Untuk berfoto dengan karakter Disney kita bisa ke Fantasy Garden tapi harus rela ngantri dan kami tidak rela. Ha.. ha.. ha.. (waktu itu temanya lagi Hallowen).

Justru kalau menurut saya yang ini jangan sampai terlewat Disneyland Railwood yaitu kereta api uap untuk keliling theme park (perhatikan jam jalannya)

Dari Fantasy Land kita pun melanjutkan perjalanan ke Toy Story Land...

Terlihat antrian orang yang mau berfoto bersama karakter Woody dan Jessie... Ikutan ah!

Main sebuah permainan Slinky Dog Spin...

Foto bareng di spot berbeda yang ada tulisan Toy Story sebelum jalan ke area lain.

Sampailah kita ke area Mystic Point. Di sini kami nggak mencoba main wahananya tapi malahan iseng foto-foto dibagian trik kamera gitu deh... Seperti terlihat dengan mata langsung ada 3 buah batu yang terpisah tapi begitu dilihat dari kekeran jadi sebuah batu, trus anak yang lebih besar telihat jauh padahal awalnya berdiri sejajar.

Cobain lagi foto di batu yang pura-puranya ada pengawal kerajaan Babilonia menyerahkan kepala kepada ratu. Ha.. ha.. ha..

Puas iseng kamipun melanjutkan perjalanan ke area Adventure Land. Dari suasananya saja sudah terlihat ini adalah areanya Tarzan, Lion King dan teman-temannya.

Cobain deh naik Wahana Jungle River Cruise, disini kita diajak naik perahu ramai-ramai ditemenin seorang guide yang akan bercerita sepanjang perjalanan. Suasananya dibuat terkesan seakan-akan kita berada di hutan amazon, ada efek ledakan juga yang bikin kaget dan ceritanya suasana mencekam.

Jangan lupa menyaksikan acara Festival of the Lion King (cek jam pertunjukannya)

Sampailah kita ke area terakhir yaitu Tomorrow Land.

Naik Wahana Stich Encounter dilanjutkan ke Space Mountain...

Wahana Stich Encounter
Space Mountain adalah salah satu wahana wajib dikunjungi menurut saya yaitu semacam roller coaster dalam ruangan tertutup dan gelap, suasananya dibuat seperti berada di luar angkasa. Sebelum masuk Jeremy diukur dulu tinggi badannya ternyata sudah bisa.

Penasaran seperti apa tampang kami didalam jadi kami pun menuju counter foto candid. Yang terjadi adalah terlihat wajah Jeremy yang bengong tidak mengerti apa-apa, David yang seperti berteriak, Albert yang meringkuk ketakutan dan saya dengan mata merem tidak pengen tahu apa-apa. Hmm..  foto seperti ini tidak perlu dicetak dan ditebus-lah. Ha.. ha.. ha..

Sebenarnya ada satu lagi permainan yang menarik tapi kami tidak naik karena tinggi badan Jeremy belum memenuhi syarat yaitu area Grizzly Gulch. Yang seru adalah Big Grizzly Mountain Runaway Mine Cars (sebelum pergi saya sempat lihat iklannya di TV) yaitu roller coaster yang tidak hanya jalan di depan, naik dan turun tapi juga mendadak berhenti tiba-tiba mundur ke bawah dengan view ada indoor dan outdoor. Terdengarlah suara teriak-teriakan histeris dari pengunjung lain yang mencoba naik wahana ini.

Puas dari sini kami pun menuju pintu keluar. Tiba-tiba ada staf dari HK Disneyland minta kami untuk menjawab angket dengan gimmick kipas dan tatakan gelas dari Toy Story. Ya sudahlah tanya apa? pertanyaannya standart saja, seperti "Tahu HK Disneyland darimana?" dan bla..bla. bla.. yang pertanyaan terakhirnya "Apakah tertarik untuk kembali mengunjungi HK Disneyland?"

Untuk gift-nya saya tidak mau cuma dikasih satu kipas dan dua tatakan gelas. Minta bonus lagi dong. Kids ikutan mendukung, akhirnya kita bawa pulang 4 kipas dan 8 tatakan gelas yang saya sudah bagi-bagikan sampai habis.

Dari sini Albert minta Ke In's Point untuk beli mainan koleksi dia. Tempat ini suasananya kayak kalau lagi belanja di Glodok. Yang anehnya kita ke tempat ini sampai tiga kali. Maklum yang mau belanja adalah seorang anak yang pengen beli banyak koleksi mainan tapi dananya pas-pasan. Jadi kebanyakan lihat-lihat dan banding-bandingkan harga. Ha.. ha.. ha..

Kalau tertarik alamatnya di 530-538 Nathan Road, Mongkok (nearest Yau Ma Tei MTR Station Exit A2) Sebelumnya foto di jalanan Nathan Road dulu..

Bagaimana dengan petualangan kami esok hari selama di Hong Kong. Baca di Macau Sightseeing.. See you..