Senin, 27 Februari 2017

Hong Kong! We're Coming...

Kok tiba-tiba kangen pengen jalan-jalan ke Hong Kong ya? Rupanya David pengen ke Hong Kong karena ingat papi-nya yang sudah meninggal dulu sering ajak kita jalan-jalan ke sana. Jadi nostalgia deh kita cerita-cerita tentang masa lalu. Baiklah sekarang waktunya kami mengajak anak-anak untuk jalan-jalan ke Hong Kong!

Cari waktu yang tepat, susun itinerary, beli tiket pesawat dan booking hotel. Setelah semuanya beres mari kita berangkat, pilihan liburan kami di bulan Oktober 2015. Perjalanan kami mulai dengan naik pesawat Jetstar Airways yang kebetulan promo dengan harga miring, transit di Changi Airport kurang lebih 3 jam untuk lunch dan jalan-jalan keliling Changi. Ha.. ha.. ha.. (habis mau ngapain lagi)

Changi Airport
Sampai di Bandara Hong Kong International Airport sudah malam, kita langsung dinner aja setelah itu ngurus bagasi, ambil brosur dan peta, beli Octopus Card dan beli kartu telpon lokal. Kemudian menuju counter taxi langsung naik minta diantar ke hotel. Hal yang sangat ingin kami lakukan adalah istirahat mau tidur yang nyenyak untuk mengumpulkan kekuatan buat jalan-jalan keesokan harinya.

Yuhuu! Kami mau jalan-jalan breakfast dulu ah supaya kuat. Hari ini mau ajak kids ke Golden Bauhinia Square (dikenal juga dengan nama The Expo Promenade), letaknya berdekatan dengan Hong Kong Convention and Exhibition Centre. Kalau naik MTR turun di Wanchai MTR Station exit A5.

Mari kita mulai jalan! Keluar hotel langsung foto-foto dulu di jalanan menuju MTR Station Tsim Sha Tsui.

Sampai Wanchai MTR Station Exit A5 langsung keluar naik tangga berjalan lewatin jembatan kemudian jalan kaki ke Golden Bauhinia memakan waktu kurang lebih 15-20 menit.

Akhirnya sampai juga, untung datangnya bukan musim panas jadi adem nggak berasa capek tapi lumayan bikin kaki pegel juga (kids cukup menikmati perjalanan, mereka suka naik MTR dan jalan kaki tanpa mengeluh).

Saat sampai banyak sekali bis-bis besar yang parkir dan ramai banget kondisinya saat itu. Banyak juga tukang foto yang menawarkan jasa dengan harga yang tidak terlalu mahal. Mulailah saya menjelaskan kepada kids bahwa patung Golden Bauhinia ini didirikan untuk memperingati penyerahan kawasan Hong Kong dari koloni Inggris ke negara China pada tanggal 1 Juli 1997.

Golden Bauhinia Square dan Hong Kong Convention Centre
Selain melihat patung indah ini kita juga bisa menikmati pemandangan Victoria Harbour sepanjang jalan di pinggir pantai. Kalau datangnya malam hari anda bisa menikmati pertunjukan Symphony of light dari sini juga.

Puas foto-foto kami pun balik hotel mau istirahat sebentar (namanya liburan kan nggak boleh terlalu capek juga kan).

Menjelang sore kami pun bersiap-siap kembali mau explore. Kali ini tujuan kami di daerah Tsim Sha Tsui saja, jalan kaki menuju ke Ocean Terminal Harbour City yang ada Toys"R"US sekalian dinner dan melihat pertunjukan Symphony of light di Harbour City.

Dalam perjalanan kita dapat berpose sejenak di 1881 Heritage, sebuah bangunan ber-arsitektur Victorian yang awalnya merupakan markas besar Polisi Marina Hong Kong. Boleh kok kalau mau window shopping atau ngeborong disini...

Lanjut perjalanan terlihat Kapal Star Cruise. Foto dulu sebelum masuk ke mal-nya...

Jalan-jalan di Toys"R"Us langsung dinner setelah itu keluar lagi melihat pemandangan Hong Kong di waktu malam dan lampion juga sudah dinyalakan terlihat indah sekali. Kami langsung berbaur dalam keramaian bersama-sama orang-orang yang akan melihat kelap-kelip lampu yang penuh warna, sinar laser dan tampilan sorotan lampu ke arah penonton yang disinkronisasi dengan musik yang diberi nama Symphony of light tepat pada pukul 8 malam. Acara ini gratis yang memang diperuntukkan untuk umum.

Sebuah pengalaman yang indah di hari pertama kami di Hong Kong. Baca kisah petualangan kami keesokan harinya di Hongkong Disneyland.. See you..