Senin, 27 Maret 2017

Mengunjungi Papua Barat

Propinsi Papua Barat merupakan hasil pemekaran Propinsi Papua pada tahun 1999. Dahulu nama propinsi ini adalah Propinsi Irian Jaya Barat, dan baru tahun 2007, propinsi ini berubah namanya menjadi Propinsi Papua Barat hingga sekarang. Wilayah propinsi ini mencakup kawasan kepala burung pulau Papua dan kepulauan-kepulauan di sekelilingnya.

Di propinsi ini, kami hanya sempat berkunjung ke Kota Manokwari (ibukota propinsi Papua Barat) dan Kota Sorong yang sayangnya bukan untuk berwisata. Mungkin suatu hari kelak kami bisa jalan-jalan kembali untuk berwisata! siapa tahu?

Manokwari

Dahulu Manokwari adalah salah satu kota kabupaten di Propinsi Papua, yang sekarang menjadi ibukota Propinsi Papua Barat  akibat pemekaran daerah. Sebagian besar daerah ini dikelilingi jenis-jenis hutan tropis, seperti hutan payau, hutan rawa, hutan lumut, dan lain-lain.

Kota Manokwari dikenal juga dengan sebutan “kota buah”, dan merupakan kota pertama kalinya pusat pemerintahan Hindia Belanda di Irian Barat. Kota yang terletak di pinggir Teluk Doreri ini merupakan kota pertama tempat masuknya kaum missionaris Kristen di Papua. Mereka memperkenalkan ajaran Kristen kepada masyarakat Papua.

Banyak sekali lokasi-lokasi wisata yang dapat dikunjungi, salah satunya yang paling terkenal adalah Pulau Mansinam yang terkenal dengan wisata sejarahnya. Pulau ini dapat ditempuh dengan perahu, kurang lebih 10 menit dari Manokwari, ataupun dengan mobil menempuh jarak 2 km di sebelah selatan Manokwari. 

Ada yang berminat ke Pulau Mansinam? Kalau saya sih entar-entar saja deh nunggu kesempatan baik, untuk sekarang ini sudah bisa menginjakkan kaki saja ke Kota Manokwari-nya sudah cukup senang..Ha.. ha.. ha.. Kami datang ke Manokwari pada bulan Maret 2007 dan hanya dua hari saja kami di kota ini...

Welcome To Manokwari
Sorong

Sorong adalah salah satu kota kabupaten di Propinsi Papua Barat. Terletak di bagian hidung wilayah kepala burung Pulau Papua. Sorong juga menjadi pusat pengolahan minyak dan kayu, maka tidaklah heran kalau Sorong dikenal juga dengan sebutan "kota minyak".

Lokasi-lokasi wisata kota Sorong umumnya adalah pantai dan beberapa pulau kecil di lepas pantai. Tempat wisata yang sangat menarik dan menjadi andalan kota Sorong saat ini adalah Raja Ampat yang merupakan tempat wisata bahari. Pengen banget kesana! Mungkin suatu hari kelak saya dapat ke Raja Ampat? siapa tahu?

Kami datang ke Sorong hanya dua hari pada bulan April 2007. Nginap semalam saja keesokan harinya kami sudah siap menuju bandara untuk kembali ke Jakarta...

Wonderful Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar