Minggu, 29 Januari 2017

Manado Punya Cerita

Ada pemandangan berbeda ketika kita melintasi sebuah desa di jalan raya daerah Tomohon yaitu terlihat deretan Rumah Adat Minahasa yang berjejer sepanjang kanan dan kiri jalan. Terdengar juga suara gergaji mesin. Ada apa gerangan?

Rumah Adat Minahasa
Ya kita sedang berada di Desa Woloan di daerah Tomohon Barat yang memang sebagian penduduknya berprofesi sebagai pembuat Rumah Adat Minahasa. Mari kita masuk ke dalam salah satu rumah untuk lihat-lihat, siapa tahu ada jual miniaturnya untuk koleksi pajangan saya. Asyik kan?

Seorang bapak berjalan menuju ke arah kami dan mengajak kami untuk naik dan melihat-lihat ke dalam. Si bapak bercerita bahwa rumah-rumah itu dibuat untuk di jual dan bukan untuk ditempati sendiri. Harganya pun cukup fantastis bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah tergantung ukurannya.

Jadi kalau kita berminat mau beli harus pesan dulu ukuran dan motifnya. Kalau yang beli masih di kawasan Minahasa entar rumah yang sudah jadi akan dibongkar dan dibawa pakai truk sampai ke tempat tujuan dan dibantu pasang kembali (kaya lemari knock-down saja ya?)

Nah kalau yang beli dari luar negeri atau luar kota akan dikirim pakai kontainer dan tetap akan dibantu pasang oleh pengrajinnya. Ada yang berminat? langsung saja ke Desa Woloan.
Katanya sih banyak pesanan dari luar negeri juga seperti Jepang dan Filipina.

Deretan Rumah Panggung

Mejeng di Rumah Adat Minahasa
Dari Desa Woloan kami melanjutkan perjalanan ke Ikon Kota Manado yaitu Christ Blessing (Patung Yesus Memberkati) yang terletak di bukit paling tinggi di perumahan Citraland Manado.



Ngajak kids main sebentar di arena permainan anak di salah satu mal di Manado...



Kuliner yang tidak mudah dilupakan, yaitu Klappertaart asli Manado...


Ikut merayakan Ulang Tahun oma Emy...

Happy Birthday Oma
Bagi-bagi kue
Kue Ku
Makanan Pesta
Cobain kue satu persatu
Sebelum makan doa dulu dong
Bercerita soal liburan memang menyenangkan bisa membuat hati bersuka cita tetapi toh mesti harus berakhir juga jalan-jalan kami di Sulawesi Utara ini. Tenang saja masih banyak destinasi wisata lain yang bakal menunggu kedatangan saya dan anda semua untuk sekedar melepas lelah dan menambah daftar kunjungan negara maupun kota-kota di Indonesia. Iya kan?

Bye-bye Minahasa

Wonderful Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar