Kamis, 01 Maret 2018

Kids PORSENI TK

PORSENI sendiri adalah singkatan dari Pekan Olahraga dan Seni di mana merupakan wadah untuk para siswa menyalurkan minat, bakat dan hobi yang biasanya dilaksanakan setiap tahun.

Sebagai orang tua yang punya anak TK, diajak ikutan juga untuk melihat penampilan si anak saat lomba; sekalian memberi dukungan dan semangat. Jeremy Cia yo!


Untuk ikut acara itu tentu saja para murid sudah dilatih terlebih dahulu. Kalau dari sekolah Jeremy yang sekarang ini sih ada beberapa lomba yang anak didik-nya disertakan, seperti lari estafet, senam, gerak jalan, dan mewarnai.

Awalnya Jeremy disuruh pilih mau ikut lomba apa? Ada tes-nya juga dari sekolah. Pilihannya lari estafet atau mewarnai. Akhirnya pilihan Jeremy ikut lomba Mewarnai.

Setelah terpilih lomba mewarnai. Menang nggak ya? Nggak masalah mau menang atau tidak, yang penting ikut meramaikan dan pernah merasakan seperti apa sih PORSENI itu. Kalau menang berarti ada foto dia dengan piala, kalau kalah ada foto dia saat lomba.. Ha.. ha.. ha..

Tidak mudah lho ikut lomba Mewarnai mewakili sekolah. Jeremy maju lomba membawa dirinya sendiri tanpa bantuan di saat lomba. Tetap optimis dong.. atau jangan-jangan kalau kebetulan menang entar dia pengen jadi pelukis lagi, Biasa lah anak-anak masih suka berganti cita-cita (Baca : Jeremy's Bright Future).

Beda dengan lari estafet atau Paduan Suara di mana anak-anak itu bisa saling bekerja sama dalam team saling menutupi kelemahan teman sendiri. Masing-masing anak tahu potensi diri.

Selain latihan di sekolah, Jeremy juga latihan mewarnai di rumah:


Nah, ini nih hasil latihan mewarnai Jeremy sebelum lomba baik di sekolah maupun di rumah. Kira-kira yang mana ya gambar yang nanti keluar saat lomba? Tentu saja masing-masing gambar, mereka latihan mewarnai berulang-ulang. Kebayang kan betapa melelahkannya atau mungkin juga bosan.

Kalau lombanya di Ancol tentu saja tidak jauh-jauh dari laut, pasir dan piknik. Ayo tunjukkan kreatifitas-mu!



Bisa juga gambar ikan lumba-lumba..


Gambar-gambar yang diwarnai pada waktu latihan juga cukup banyak..


Hadeuh.. dari hasil latihan kenapa saya jadi ragu ya si Jeremy bakal menang? Ayo Jeremy yang serius dong! Dijawab "Ini sudah serius Ma!" *sambil matanya mandang pintu pengen kabur untuk main.. Ha.. ha.. ha..

Entar lagi dia latihan mewarnai sambil bercanda katanya, "Ini matanya sengaja dibikin horor" terus dia tertawa-tawa iseng.

Nah dua hari sebelum hari H orang tua diminta bantuannya melatih anak di rumah, dikasih dong tips and trik cara mewarnai seperti anak melihat gambar keseluruhan, mewarnai objek kecil terlebih dahulu dan membuat gradasi 3 warna caranya dengan menekan crayon bulat-bulat biar halus dan tercampur rata warnanya..

Untuk gampangnya, saya print aja gambar yang diwarnai guru pembimbing.. terus saya bilang "Ikutin kayak begini sambil ingat-ingat apa saja yang sudah diajarin Miss!"


Eh bukannya serius, si bocah malah nyanyi ♫♬ Kuasa-Mu terlebih besar ♪♫ Tuhan-ku terlebih besar ♪♬ tak pernah terlambat janji-Mu ya Tuhan menolong hidupku..♫♬ la.. la..

Si Papa yang dengar sambil senyum-senyum bilang "pintar ya" terus tersadar "Jeremy warnain yang serius!" Jeremy terdiam dan ngelirik si Koko yang sibuk nge-game dengan pandangan iri.

Nah 2 gambar ini sebagai persiapan terakhir latihan mewarnai..



Hadeuh belum ada kemajuan berarti ini dari segi pewarnaan. Bagaimana ini? Mari kita pasrah.. Ha.. ha. ha..

Kalau dilihat Jeremy tetap semangat dan tidak terbeban sama sekali. Ya namanya juga anak-anak yang penting bahagia dan menikmati.. Cocok ya dengan lagu ♬♫ Inilah taman kami taman kanak-kanak..♪♬ tempat bermain.. berteman banyak.. la.. la..

Tibalah hari yang dinantikan tanggal 26 Februari 2018. Lomba mewarnai dimulai:


Ceritanya anak-anak dari berbagai sekolah akan memperebutkan Juara 1, 2 dan 3, Harapan 1, 2 dan 3 dan Nominasi. Jeremy serius ya! Apa pun yang terjadi selesaikan lomba yang sudah dimulai, jangan mogok tengah jalan.

Kami selalu mendukungmu! Ini mama tunggu di bawah pohon ya..


Eh serius! Jeremy menyelesaikan lomba mewarnai dengan baik dan hasilnya paling mendingan dibandingkan saat dia latihan lho! Sini foto dulu sebelum dikumpul ke panitia!


Titip pengumuman lomba ke guru-guru yang ikut mendampingi. Apa pun hasilnya kita akan menerima keputusan juri. Ya iya-lah!

Oya PORSENI yang diikuti Jeremy kali ini lokasinya di Pasar Seni Ancol.. Asyiik ya?


Jeremy sekarang bukan lagi ulat dalam kepompong tetapi dia sudah menjelma menjadi kupu-kupu dengan sayap yang indah. Anak-ku sudah besar!


Eh nggak begitu juga sih. Cerita sebenarnya depan toilet ada gambar sayap kupu-kupu, terus si bocah pengen difoto di situ.. lanjutannya minta mainan pistol-pistolan yang diisi sabun bisa bentuk bubble.

Singkat cerita kami dapat WA dari guru pembimbing yang mengumumkan bahwa Jeremy masuk nominasi.. Ho.. ho.. ho.. bertambahlah piala Jeremy.


Seorang guru memang adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Anak didik mereka selalu menjadi pemenang di hati mereka. Dari yang tidak bisa menjadi bisa, dari yang tidak tahu apa-apa menjadi mengerti.

Kalau PORSENI dulu yang Albert si sulung juga pernah ikut waktu masih TK, dia terpilih ikut Lomba Paduan Suara yang dilaksanakan di Teater Imax Keong Mas TMII.


Biasanya hasil lomba yang dengerin gurunya. Soalnya pesertanya banyak dari berbagai sekolah. Bayangin saja kalau kita ikut tungguin pengumuman pemenang. Mau sampai kapan? Ini aja untuk menyanyi dipanggil sesuai nomor urut. Tugas orang tua tetap memberi semangat pada anak dong supaya mood-nya tetap terjaga.

Tunggu giliran tampil
Selesai melaksanakan tugas, para peserta lomba dan orang tua-nya plesiran. Nonton dalam teater cerita tentang keindahan lingkungan, kekayaan alam dan keragaman budaya Indonesia. Yang tetap mau ngotot tungguin pengumuman boleh juga kok. Kami sih pilih jalan-jalan keliling Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Kesempatan jangan dilewatkan anggap saja sekalian rekreasi. Naik Gondola, Bom-bom car dan main juga di Aquarium Air Tawar semacam Sea World tapi terletak di TMII dan tiket masuknya lebih murah karena sekalian dipaketkan dengan Museum Kupu-kupu. Oya jangan lupa juga mengunjungi Rumah-rumah adat berbagai daerah di Indonesia.

Naik Gondola di TMII

Bom-bom car

Aquarium air tawar

Museum Kupu-kupu

Lihat Hamster
Kalau dipikir-pikir kapan lagi kami jalan-jalan ke sini kalau bukan karena ikut acara PORSENI dari sekolah.

Besoknya tinggal dengar kabar dari gurunya yang juga mewakili pengambilan piala.. Ho.. ho.. ho.. ternyata Albert dan tim Paduan Suara-nya menang.. Horee..


Inilah Albert sewaktu TK dengan Piala Juara I saat PORSENI Lomba Menyanyi.


Oya selain piala ini ada juga piala-piala lain yang dia peroleh saat ikut lomba. (Baca : Albert's Past Achievement)

PORSENI selain ajang lomba untuk memupuk bakat anak berkompetisi secara sehat, juga mengajarkan kepada anak untuk sportif menerima kemenangan atau kekalahan. Tidak mudah loh menerima kekalahan. Juga bisa dipakai sebagai sarana hiburan karena dilakukan di luar sekolah.

Kalau PORSENI yang diadakan di Ancol serunya jalan-jalan kemana ya? Ke pantai saja yuuk!


Tunggu di postingan selanjutnya ya.. see you..

Just Sharing


Tidak ada komentar:

Posting Komentar