Jumat, 09 Maret 2018

RPTRA DAN RTH KALIJODO

Setelah seharian bersenang-senang eh.. menemani anak lomba di Ancol (Baca : Kids PORSENI TK) terus ke Museum Alive Trick Art ala Korea, lanjut lagi ke Museum Patung Lilin Alive Star, lalu ke Pantai Ancol. Mari kita pulang darling!

Dalam perjalanan, godaan kembali muncul. Terlihatlah RPTRA Kalijodo! Si Papa nanyain mau singgah nggak? Lihat-lihat sebentar yuuk! Pengen tahu aja..


Akhirnya kita pun berencana singgah sebentar tapi begitu memasuki area menuju parkir yang sebelumnya harus mengambil kertas parkir saya menjadi ragu. Tapi mau bagaimana lagi tetap harus maju dong sudah nggak bisa mundur lagi ada mobil ngantri dibelakang soalnya..

Kan ngeri juga kalau tiba-tiba muncul preman dan kemudian marah-marah terus pakai malak lagi terus kita terbawa suasana jadi ketakutan dan juga kesal yang harusnya cuma pengen tahu seperti apa sih RPTRA Kalijodo itu. Apalagi sekarang gubernurnya juga sudah ganti bukan yang memprakarsai dan meresmikan RPTRA itu.

Ditilik dari sejarah-nya Kalijodo itu dulu tempat apa ayo? Jawab sendiri.. Yang pasti tingkat kriminalitasnya tinggi dan juga masuk kawasan kumuh. Kalau nggak benar-benar niat mau datang nggak bakal masuk-lah ke kawasan itu. Lihat aja film Ca Bau Kan.

Tapi sekarang kan beda dengan dahulu berkat tangan dingin Pemprov DKI di bawah kepemimpinan Gubernur Bapak Basuki Tjahaya Purnama yang dikenal dengan nama Pak Ahok. Kalijodo pun disulap menjadi taman yang indah yang dikenal dengan nama Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) dan juga disediakan Ruang Terbuka Hijau (RTH). Jadi penasaran kan?

Saya sih baru pertama kali datang ke RPTRA Kalijodo, jadi nggak bisa membandingkan dengan saat-saat pertama waktu diresmikan dulu. Ini juga datangnya nggak niat-niat banget cuma pengen tahu saja.

Peresmiannya Tanggal 22 Februari 2017 dan kami datang tanggal 26 Februari 2018 berarti sudah setahun lebih beberapa hari. Nggak apa yang penting sudah datang blusukan jadi nggak penasaran lagi dong.. Ha.. ha.. ha..

Kawasan Kalijodo ternyata sangat luas. Kemana dulu ya? Tampaknya ada 2 area yang dibatasi oleh tembok cantik yang dihias dengan lukisan mural. Kelihatannya ini spot foto yang menarik..

Lukisan mural. Keren ya?
Kami memulai explore dari ruang terbuka hijau terlebih dahulu. Kok banyak tenda-tenda putih yang berjualan makanan seperti nasi pecel, minuman bahkan juga jualan es campur, souvenir buatan UKM dan juga baju-baju. Apa memang tiap hari ada yang jualan kayak begini?

Tenda-tenda tempat jualan
Walaupun ragu akhirnya kita coba beli cemilan yang jualan otak-otak dan sosis, trus nanya "emang tiap hari jualan disini ya?" Dijawab: "Ini ada event acara Betawi jadi sewa tempat untuk 2 minggu." Jawab saya, "Oh begitu. Ini daging apa?" Sambil nunjuk.. (harus tahu dong.. Penting!)

Nah di ruang terbuka hijau ini bisa di pakai untuk aktivitas seperti skate park, jogging dan area serbaguna.


Sekarang mari kita ke tempat menarik lainnya yang memang cocok untuk anak-anak yaitu Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) yang didesain sebagai ruang berinteraksi bagi anak-anak dan orang tua.



Mari kita bermain bersama. Agak sepi ya?



Anak-anak pun sangat menikmati naik kuda-kudaan sekedar bergoyang-goyang badan..


Jeremy berpindah ke area playground lain yang dikhususkan bagi anak-anak kecil. Kualitas mainan sangat oke kayak di Mall. Asyiik ya!



Si bocah minta difoto..

Fotoin disini Pa!
Eh masih ada area lain lagi. Nggak perlu rebutan main dong!


Si Papa langsung "reflexi kaki" pakai batu. Tapi sayangnya batu-batunya banyak yang hilang..


Setelah puas main, kids perlu di edukasi. Mari kita ke perpustakaan!

Terdengar panggilan petugas yang menyuruh kids mengisi buku daftar tamu dan harus mereka yang isi sendiri. Petugas menjelaskan tentang konsep RPTRA sebagai sarana belajar..


Albert sempat membaca buku yang menarik tentang "Keluarga Super Irit" Sepertinya bagus tuh entar kita lengkapin koleksinya dan bisa kita terapkan di rumah tapi nggak usah sampai "super" cukup irit saja. Oya irit itu hemat ya bukan pelit!

Itu ada taman yang indah. Mari kita foto!


Kemudian si Papa pun bercanda "Seperti di Keukenhof ya" ha.. ha.. ha..

Mari kita pulang! Sebelumnya foto dulu di gedung yang ada tulisan RPTRA dan RTH KALIJODO.. Smile!


Sebelum naik mobil dan pulang, kayaknya sayang kalau belum foto di tulisan KALIJODO..


Bayar parkir di pintu keluar IDR 6000 berarti hampir 2 jam kita berada dalam RPTRA.. benar-benar nggak berasa. Menyenangkan sekali!

Kalau ditambah cemilan otak-otak dan juga bayar parkir pengeluaran kami total IDR 26.000. Horee kami sudah jadi keluarga irit..

Harus sering-sering cari tempat hiburan seperti ini. Puas di hati puas juga di kantong.. Ha.. ha.. ha..

Just Sharing

1 komentar: