Kamis, 22 Maret 2018

A GOAT STORY

Mari kita bercerita tentang kisah kambing!! Alkisah di suatu negeri bla.. bla.. bla.. akhirnya kambing itu menjadi tua dan nggak enak dimakan. Waduh endingnya nggak enak banget ya..

Demikianlah kisah yang disampaikan ayahanda kepada putra terkasihnya dalam bingkai kebersamaan penuh cinta dan berasa manis buah strawbery.. Oh so sweet.. *Berpelukan.


Ini cerita beneran? Nggak-lah itu cerita hoax ala-ala (maksudnya ala saya.. Ha.. ha.. ha..)

Jadi cerita sebenarnya kalau bulan Maret itu anak-anak suka dikasih project dari sekolah, kali ini temanya "Little Adventurer." Para siswa TK disuruh membuat penelitian tentang hewan ternak sesuai dengan hewan pilihan mereka.  

Pilihan Jeremy jatuh pada hewan ternak kambing, nggak tahu juga kenapa dia jadi tertarik sama kambing dari sekian banyaknya hewan ternak. Padahal hewan ternak kan banyak. Ada sapi, kuda, domba, babi, ikan, ayam dan bebek. Ah sudahlah! Mari kita cari tahu tentang kambing!

Project ini proses Exploring dilakukan bersama orang tua di rumah. Untuk penelitian hewannya kita bisa membicarakan tentang perkembangbiakan hewan seperti "Apakah hewan tersebut melahirkan atau bertelur", terus "Berapa lama si hewan berada dalam perut induknya, dan kemudian berapa lama bertumbuh dewasa."

Bisa juga dari ciri-ciri hewan, "Kakinya ada berapa? Bagaimana bentuk mulut atau hidungnya? Apa yang dimakan? dan juga dimana tempat tinggalnya?".

Bentuk project-nya sendiri bisa berupa buku, poster dan maket (bentuk 3 dimensi).

Peran orang tua juga diharapkan untuk membantu anak membuat kalimat penelitian dalam bahasa inggris yang akan ditampilkan saat SLC tanggal 23-24 Maret 2018.

Ini berat, kau tak akan bisa, biar saya saja! Hadeuh ngadepin Jeremy yang ternyata juga nggak tertarik dengan topik hewan ternak memang susah bawaannya jadi malas-malasan. 

Ayo Jeremy mau bikin project apa? Maket? Jeremy menggeleng "nggak mau." Poster? Dia nggak mau juga. Jadi apa dong? Jeremy menjawab singkat "scrapbook."

Kalau begitu mari kita cari gambar di internet. Ditunjukin berbagai gambar yang ceritanya gambar kambing hamil, bayi kambing baru lahir, peternak lagi perah susu kambing, eh dia ogah-ogahan terus bilang beginilah begitulah..

Beda banget dengan tahun lalu di bulan Maret 2017 yang temanya "My Bright Future" Jeremy antusias banget, jadi cepat selesai project-nya. Beda ya kalau orang tertarik dengan tidak tertarik suatu topik? Kalau mau baca project Jeremy di bulan Maret 2017 langsung klik link-nya : Jeremy's Bright Future.

Dengan susah payah terkumpullah gambar-gambar tentang kambing yang siap ditempel. Beli buku gambar ternyata cover depan-nya gambar Doraemon. Si Jeremy cerewet lagi trus bilang "Kok gambar Doraemon?" Padahal yang milih juga dia. Soalnya yang lain gambar putri-putrian sih, lain selera. Kalau mama pasti milih princess dong..

Tinggal tempel gambar kambing ke buku gambar. Jeremy ogah-ogahan terus saja protes gambar sampul Doraemon. Akhirnya kita cari akal nutupin cover doraemon dengan gambar kambing. Pilihan jatuh ke gambar kambing kartun. eh dia protes lagi bilang "Jelek kambing kartunnya" Cari-cari lagi akhirnya sesuai dengan selera yang "dia mau"..

Cover depan

Cover belakang
Setelah masalah cover teratasi sesuai selera, tinggal tempel gambar kambing di buku dan dibuat cerita  menarik tentang si kambing. Kalau soal cerita biar mama saja. Diusahakan cerita yang simple dan tidak berbelit-belit biar si anak mudah ngikutin saat presentasi nanti.

Dimulai dari saat kambing lahir kemudian menjadi remaja dan menjadi tua, tentu saja ditambah cerita  kambing makan rumput, hidup di peternakan, susunya bisa diminum dan juga berakhir jadi makanan manusia tidak lupa juga sebagai bumbu penyedap: kambing hitam biasanya suka disalah-salahkan. Supaya ada pengetahuan tentang kambing-lah.

Oya kalau yang bertanduk biasanya kambing jantan, kambing betina siap-siap deh jadi ibu kambing. terus kalau mau makan daging kambing cari yang sehat dan masih muda, jangan juga makan kambing tua dagingnya keras soalnya. Keren kan?


Kita bikin bentuknya menyerupai buku komik yang ada ceritanya. Besok kumpul ya? Jeremy diam saja dengan muka tidak puas tapi tetap ngangguk pakai bilang "Kok covernya kertas warna putih?"
Saya bilang liatin di miss dulu, kalau salah kita bikin yang lain lagi.


Yang terjadi ternyata Jeremy nggak kumpul tugas-nya, juga tidak diliatin ke gurunya malah dia bilang "Nggak perlu lah sudah pasti salah" Whaat! Ini maksudnya apa? Katanya temannya cuma bikin pakai satu kertas, gambarnya cuma tiga terus ada juga yang bikin maket tapi biasa saja cuma benar jadi sudah dikumpul. Bingung kan? Maunya apa sih ini anak?

Bagaimana kita bisa memperbaiki kesalahan kalau tidak tau salahnya di mana? Duh ini anak bikin bingung. Bertanyalah saya sama mama teman Jeremy yang kebetulan pilih hewan ternak babi yang project-nya dia bikin bentuk maket. Ih keren loh! Terusnya juga kata mama temannya "Benar kok punya Jeremy!"

Saya tunjukin ke Jeremy gambar maket-nya, dijawab dengan santai "Biasa saja". Miss bahkan mau bantu liatin contoh-contoh project teman-teman Jeremy. Tapi saya pikir nggak perlu juga kayaknya Jeremy memang nggak terlalu minat sama hewan ternak.

Harus rubah strategi, biar kita bikin sebagus apa pun kalau emang nggak minat mau bagaimana lagi?
Saya yakinkan Jeremy bahwa project dia itu keren banget, miss-nya juga sudah setuju bahwa projectnya benar dan siap dikumpul.

Ditambah lagi bisa bikin cerita yang bagus tentang kambing. Pilihan Jeremy tepat jadi ada cerita "kambing hitam", ada cerita "daging kambing tua." Jeremy langsung senang dan tertawa-tawa.

Berhasil!.. berhasil!..

Nah tahap selanjutnya supaya Jeremy bisa menceritakan kembali, kita serahkan tugas pada papa yang memang jagonya. Jeremy terlihat mulai bahagia dan merasa project dia itu bagus.


Akhirnya tugas pun selesai dan sudah dikumpul, tinggal menunggu saat SLC nanti.

Apa itu SLC? Ngapain saja? Penasaran? Baca di : Kids SLC

Tahun lalu project tentang cita-cita dan tahun ini tentang hewan ternak. Apakah tugas tentang hewan ternak sudah selesai? Ho.. ho.. ho.. datanglah Jeremy dengan selembar kertas tugas baru yang masih berkaitan dengan hewan ternak.

Ternyata tugas yang kita lakukan masih dalam tahap Exploring yaitu melakukan penelitian terhadap hewan ternak pilihan. Masih ada tahapan lain lagi yang harus kita jalankan, seperti apa itu? Nantikan di postingan selanjutnya ya.. see you..

Just Sharing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar