Senin, 22 April 2019

Beli Beras Jepang Bikin ONIGIRI ANEKA ISI.. Eits ada yang belajar sampai 7 jam!

Onigiri adalah nama Jepang untuk makanan berupa nasi yang dipadatkan sewaktu masih hangat, bisa berbentuk segitiga, bulat atau seperti karung beras. Untuk lebih mudahnya kita sebut saja nasi kepal.


Bermula dari si Papa cerita  "Jul, tahu nggak si anu sekarang jualan beras loh!" Saya menjawab "Hah? Masa sih?" Dijawab "Iya.. bla.. bla.. katanya asli tanpa pengawet, kerjasama bla.. bla.." *ngomong pindah topik ke mana-mana.. saya ngikutin alur.. sampai.. mau beras yang mana? Saya cuma ngangguk-ngangguk *bingung kebanyakan informasi.. Haiya..

Hingga akhirnya si Papa David pulang bawa.. Tarra! beras Jepang!


Saya nanya "Kamu jadi pesan yang ini? Bukannya beras merah lebih bagus?

David pun menjawab "Sebenarnya belum pesan beras apa-apa! Lupa jawab WA si anu.. Langsung dia bawain aja saat ngumpul.. Katanya cocok untuk kita, makan sedikit aja langsung kenyang.

Tapi? Si Papa malah nanya "Emang kita rencana mau pesan beras apa ya?" Malah saya yang bingung.. Ha.. ha.. ha..

Karena sudah telanjur beli beras Jepang, kita olah saja dan buktikan "Benarkah makan sedikit bisa mengenyangkan?"

Yang cocok untuk beras Jepang yang teksturnya lebih pulen dan lengket tentu saja membuat hidangan ala Jepang.

Yang paling gampang dan sederhana tentu saja Onigiri alias nasi kepal.

Beras dicuci bersih dimasak sesuai petunjuk rice cooker tinggal tambahin air kaldu, beri sedikit garam dan gula..

Siapkan isinya : Ayam suwir, Tongkol suwir kemangi dan tuna kaleng ditumis sebentar, campur dengan mayonaise dan sedikit thousand island..


Mari kita bikin bersama, masukkan nasi dalam cetakan, isi dalamnya dengan ayam suwir atau yang lainnya jangan lupa beri nori.

Tanpa cetakan juga bisa, nasi di kepal beri adonan isi, bentuk segitiga


Hasilnya.. Tarra! cantik ya.. Nyam.. nyam..


Albert pun turut berpartisipasi, dia bikin bentuk bola.. Tiba-tiba si bocah berpikir "Kira-kira teman Albert suka nggak ya?" Mereka rencana besok mau belajar bersama.. Ya sudah, entar bikinin aja..


Jadilah onigiri bentuk bola yang dilapisi nori..


Si Papa nyamperin dengan bingung "Makan siang kita cuma 'ini' nggak pakai lauk? Ho.. ho.. ho.. tenang saja. Pilih mana? Tongkol suwir kemangi saja ya? Di aduk-aduk dengan nasi terus dicetak tambahin lauk tempe orek plus sayur.. Oh sok romantis so sweet..


Tiba-tiba Albert mengurungkan niat bikinin teman-nya bola nasi, katanya takut temannya nggak suka.

Jadi? Teman aku suka donat.. Ha.. ha..ha.. Jeremy langsung teriak.. donat.. donat.. yeay!

Si Papa yang baru makan onigiri lambang cinta tanpa berpikir panjang langsung setuju pergi beli.. berhasil.. berhasil..


Keesokan harinya sesuai janji teman-teman Albert datang belajar jam 11.00 siang, saya pikir paling belajar sekitar 2-3 jam, rekor terlama mereka kira-kira 4-5 jam.. personel ganti-ganti..

Ternyata mereka belajar sampai 7 jam.. Kadang terdengar suara tawa mereka, nyanyi-nyanyi dan main bareng. Jeremy juga ikutan nimbrung..


Rajin ya anak-anak itu.. Belajar dari jam 11.00 - 18.00, akhirnya teman-teman Albert satu persatu dijemput orang tuanya.

Saya ngasih tahu Albert cara belajar bersama yang efektif sebagai tips.. Saya bilang kalau PR-nya banyak tumpukan dari 3 hari libur sebaiknya dikerjain secara nyicil masing-masing anak, terus ketemuan untuk cocokin jawaban, catat yang nggak dimengerti, entar yang bisa ngajarin, jadi waktu tidak terbuang percuma, sekarang PR kamu juga nggak selesai kan? Si Albert bilang iya..

Si bocah nyambung "Albert dengan teman-teman lebih suka kerjain bersama, kita saling berbagi, nggak mau kerjain sendiri-sendiri di rumah"

Jeremy langsung bilang "Koko main Nerf Gun sama teman-temannya, kalau mama datang mereka cepat-cepat belajar takut dimarahin.. Ha.. ha.. ha..

Just Sharing



Tidak ada komentar:

Posting Komentar