Senin, 22 April 2019

SPAGHETTI PRAKTIS.. Rasa JUARA ~ Part 2 (SPAGHETTI LADA HITAM KAKAP TEMPURA AND SPAGHETTI TUNA PESTO

Sekarang kita coba masak spaghetti serba praktis pakai saos instan lainnya, setelah sebelumnya ber-eksperimen dengan Spaghetti Bolognese Klasik dan Spaghetti Aglio Olio (Baca di Part 1)

SPAGHETTI LADA HITAM KAKAP TEMPURA


Ide ini berawal dari melihat berbagai macam saos yang dipajang.. Ada saos apa saja ya? ternyata bermacam-macam, ada saos barbeque, saos jamur dan lain-lain..


Saya-pun memilih salah satu saos.. Yang lada hitam, mas! enak nggak? si mas penjaga counter daging senyum-senyum menjawab "enak, bu! tapi saya belum pernah cobain" ya sudah saya foto dulu ambil satu ya mas!

Seperti ini penampakannya.. Memasak jadi lebih mudah sekarang..


Pulangnya cerita sama si Papa David.. Eh si doi malah bilang "kok nggak ambil saos jamur aja, kan lumayan untuk variasi saos pizza terus kita pakein jamur daripada cuma bolognese atau pesto"

Ha? Oh benar juga.. itu saos pesto bisa juga untuk spaghetti. Kapan-kapan kita coba masak..

Saos jamur-nya entar aja ya.. ngantri..

Siapkan bahan.. ikan kakap, tepung tempura, jamur kancing, bawang bombay dicincang kasar. Saos instan "mytaste" lada hitam.


Buat toppingnya : Lumuri ikan kakap dengan bumbu perendam, kemudian celupkan pada tepung tempura (baca petunjuk pemakaian tepung tempura) lalu goreng hingga matang. Angkat, tiriskan.


Cara membuat spaghetti Lada hitam : Tumis bawang bombay hingga harum, masukkan jamur kancing lalu tuang saos lada hitam secukupnya beri air sedikit, aduk hingga mendidih kemudian masukkan spaghetti yang sudah direbus, aduk rata.

Penyajian : Tata spaghetti lada hitam di piring, taruh atasnya dengan kakap tempura taburi daun basil.

Siap dihidangkan! Enak dimakan saat hangat..

SPAGHETTI TUNA PESTO


Pesto adalah sejenis saus yang berasal dari kota Genoa di daerah Liguria di Italia utara. Yang terdiri dari campuran daun basil, bawang putih, kacang pinus dan olive oil yang dihaluskan.

Pakai resep pesto ini lumayan juga rasanya.. Haluskan dengan food processor : 50 gram daun basil segar, 1 sdm pine nuts (bisa ganti dengan kacang mede goreng), 150 ml minyak zaitun, 1 siung bawang putih, keju parmesan secukupnya, bisa juga ditambahkan sedikit garam.

Tapi untuk lebih praktis kita pakai saja yang instan..

Ssst ambil sedikit dari saus pesto botolan kesayangan Papa David yang biasa dia bikin untuk pizza atau sandwich. Si doi suka aromanya..

Tinggal tambahahin bawang putih, tuna kaleng dan keju parmesan.


Saos pesto merk Jamie Oliver ini katanya "Made in Italy, WITH LOVE" baik-lah saya juga akan membuatnya dengan cinta ala yang ku-mau.. tentunya!

Cara membuatnya : Tumis bawang putih sampai harum, masukkan tuna kemudian tambahkan saos pesto secukupnya, aduk sebentar. Kemudian masukkan spaghetti yang sudah direbus beri keju parmesan secukupnya. aduk hingga bercampur rata.

Penyajian : Tata spaghetti dipiring saji taburi dengan daun basil.

Enak dimakan saat hangat..

Terdengar suara "Hmm bau apa ini? Enak!" si doi keluar dan mulai ikut-ikutan berkreasi..


Jadilah Pizza Pesto Tuna Mayo dengan lelehan keju mozarella..


Sekalian saya bikin versi lain.. kali ini pizza manis, pakai taburan keju parut dan coklat meises..


Dough pizza biasa tersedia di freezer buatan sendiri, jadi kapan-pun kalau mau bikin pizza topping suka-suka tinggal berkreasi sendiri.. (Baca : Pizza DOUGH and TOPPING)

David dengan heran nanya "Emang ada yang jual pizza model begitu? pakai keju sama meises?" Sayapun menjawab "Ada! Sering lihat!" Dan tersadar itukan martabak manis yang model begitu.. Ha.. ha.. ha..

Happy Cooking


Tidak ada komentar:

Posting Komentar