Jumat, 19 April 2019

SPAGHETTI PRAKTIS.. Rasa JUARA ~ Part 1 (SPAGHETTI BOLOGNESE KLASIK AND SPAGHETTI AGLIO OLIO)

Spaghetti adalah salah satu jenis pasta yang berbentuk panjang, tipis dan padat, kalau diperhatikan mirip mie pada umumnya. Terbuat dari tepung gandum..

Seperti ini bentuknya.. saya fotoin ya dari koleksi pribadi pasta di rak..


Lagi asyik ambil sudut foto yang bagus..

Tiba-tiba terdengar suara si mbak nyerocos "Bu, mie seperti itu, suami saya pernah dikasih terus dibawa pulang suruh saya masak.. saya nggak tahu cara masaknya langsung saya goreng aja"

Penasaran saya tanya "jadi kayak apa?" si mbak menjawab "kayak lidi" ha.. ha.. ha..

Kata si mbak rasanya enak tapi keras. Mau coba cara lebih praktis? langsung goreng aja ala si mbak..

Tapi kali ini kita buat spaghetti praktis dengan saos pasta instan.

Spaghetti-nya kita rebus sesuai petunjuk pada kemasan.. Usahakan al dente tidak terlalu lembek tapi matangnya krenyes..

Hmm memasak jadi lebih mudah dengan adanya saos pasta instan, apalagi dengan waktu terbatas dan perut sudah bunyi-bunyi..

C'mon guys kita mulai dari :

SPAGHETTI BOLOGNESE KLASIK


Saos yang katanya dinegara asalnya Bologna, Italia disebut dengan nama ragu alla bolognese. Rasanya manis dan asam dari tomat yang dicampur dengan daging giling kemudian ditumis.

Siapkan bahannya.. daging sapi giling, wortel direbus sebentar, cincangan bawang bombay, keju parut atau parmesan tabur juga bisa.. Saos-nya pakai merk Del Monte..


Cara Membuat : Tumis spaghetti rebus dengan minyak zaitun sebentar angkat, tata di piring saji.

Kemudian buat toppingnya..

Caranyanya : Tumis bawang bombay masukkan daging giling masak sampai berubah warna tambahkan wortel, aduk rata. Tuang saos bolognese secukupnya kemudian aduk lagi sampai tercampur rata.

Penyajian : Spaghetti diberi topping saos bolognese kemudian taburi dengan keju cheddar parut bisa juga dengan parmesan..

Siap dihidangkan! Enak dimakan saat masih panas..

SPAGHETTI AGLIO OLIO



Resep tradisional asli Italia yang hanya memakai tiga bahan yaitu pasta (spaghetti), Aglio (bawang putih) dan olio (minyak).

Cara memasaknya pun sangat sederhana, cukup tumis irisan bawang putih sampai harum lalu masukkan spaghetti kedalamnya beri sedikit garam dan lada, diatasnya beri irisan parsley sebagai garnish. Tidak memakai keju sama sekali.

Pernah coba makan spaghetti jenis ini saat berwisata, letaknya dipinggiran kota Florence (Baca : Ristorante Tutto Bono, Florence - Italia)

Kita buat modifikasi dari bumbu instan dan diberi topping..

Siapkan bahannya.. udang, bawang putih cincang, minyak, parmesan, lada hitam. Pakai bumbu instan aglio olio merk Delito.


Buat toppingnya terlebih dahulu.. Udang diberi bumbu perendam dan tepung maizena biarkan sebentar, kemudian ditumis sampai matang.

Cara membuat spaghetti aglio olio : Tumis bawang putih sampai harum kemudian masukkan spaghetti yang sudah direbus aduk sebentar. Tambahkan bumbu aglio olio, lada hitam dan keju parmesan secukupnya, aduk kembali hingga bercampur rata.

Penyajian : Tata spaghetti di piring saji, letakkan udang diatasnya, taburi oregano atau parsley.

Siap dihidangkan! Nyam.. nyam..

Happy Cooking

Tidak ada komentar:

Posting Komentar