Sabtu, 09 Maret 2019

PLANTS and ANIMALS Lovers

Seperti biasa setiap akhir tema pelajaran, siswa diberi tugas untuk membuat karya yang berhubungan dengan tema yang sudah dipelajari.

Belajar tema DIRIKU mereka membuat jurnal tentang cara merawat anggota tubuh mereka sendiri dalam bentuk jurnal (Baca di : My Super Body) kalau belajar tema KELUARGAKU para siswa ditugaskan membuat dokumentasi bersama keluarga inti tentang kegiatan apa saja yang dilakukan bersama (Baca di : LET US MAKE A MOMENT)

Kali ini para siswa di kelas Jeremy masuk ke tema tentang benda, hewan dan tumbuhan. Belajar tentang hewan berkaki empat, berkaki dua dan juga tanaman obat, tanaman hias dan lain-lain. Jeremy jadi suka ngomong tentang herbivora, karnivora terus cara hewan bernafas. Gunanya kumis kucing, daun sirih dan lain-lain..

Menyambung pelajaran di sekolah untuk lebih mengerti tentang pelajaran yang sudah diajarkan para siswa diajak ikut wisata edukasi ke Bogor untuk melihat lebih dekat tanaman dan hewan serta berinteraksi didalamnya (Baca ceritanya di : Field Trip ke KUNTUM FARMFIELD BOGOR)

Tidak sampai disitu, anak-anakpun ditugaskan membuat jurnal yang inovatif tentang merawat hewan atau tumbuhan yang bisa mereka pilih sendiri.

Dan pilihan Jeremy adalah tumbuhan yang paling mudah dirawat yaitu kaktus. apalagi si kaktus bisa dijadikan tanaman meja dan bisa di taruh dalam rumah atau dihalaman. Praktiskan?


Nah sebelum membuat jurnal diberikan kertas planning yang mereka isi sendiri. Lumayan-lah Jeremy sudah mulai mengerti seperti apa jurnal yang ingin dia buat. Kayaknya dia mulai serius mau merawat tanaman. Tapi?

Pas pada pertanyaan "Aku merawat hewan/tumbuhan karena____" dijawab si bocah dengan santai "tugas dari sekolah" Ha.. ha.. ha.. belum ada kesadaran bercocok tanam, tapi pada pertanyaan " Aku bersyukur karena___" Jeremy pun menjawab "bisa belajar merawat tanaman" Hmm akhirnya ada kesadaran juga..

Ya sudahlah kita beli aja yuk! terlihatlah deretan kaktus yang dijual..


Pilihan Jeremy kaktus kecil yang kayak di padang gurun ada duri-durinya..


Ada petunjuk perawatannya, kurang lebih seperti ini cara merawat kaktus :
  • Penyiraman dilakukan 2 x seminggu, jangan sampai terlalu basah atau sampai tergenang.
  • Pemupukan cukup dilakukan 1 bulan sekali. Bisa pakai pupuk NPK 5-8 butir dibenamkan disekeliling media tanam.
  • Letakkan tanaman pada tempat yang tidak terkena hujan tetapi cukup mendapat sinar matahari.
  • Untuk tanaman dalam ruangan, secara berkala setiap 4-5 hari sekali dibawa keluar untuk mendapatkan sinar matahari selama 1 hari.
Mudah banget ya cara merawatnya? 

Jeremy rajin siram kaktusnya 2 x seminggu..



Bahkan seminggu sekali diajak jalan-jalan berjemur, diangkat dan diliatin.. Biasa-lah mainan baru.


Akhirnya setelah 2 minggu merawat si kaktus, jurnalpun selesai dan siap dikumpul disekolah..


Tugas ini akan dipresentasikan depan kelas, anak-anak akan menceritakan tentang tumbuhan pilihan mereka dan perasaan saat melakukan "Doing"

Just Sharing



Tidak ada komentar:

Posting Komentar