Jumat, 01 Maret 2019

BERBURU BAKMI LEGENDARIS DI PASAR BARU

Sajian lezat cepat saji tidak pakai lama tentu saja menjadi pilihan kami saat jalan-jalan, apalagi cuma berdua saja. Hmm serasa nostalgia daun pisang dengan bakmi jaman old mulai dari tempat dan suasananya..

Bakmi Aboen
Walaupun banyak startup di bidang kuliner apalagi sekarang dipermudah dengan jasa delivery online, tapi tetap saja kuliner bakmi legendaris ini bisa menjadi pilihan.

Tetap eksis mempertahankan resto-nya sampai berumur lebih dari 30 tahun dan diturunkan ke generasi selanjutnya bahkan ada juga yang sudah sukses buka cabang.

Tentu saja akan terasa nyaman saat menikmati semangkuk bakmi porsi besar dengan tambahan pangsit goreng.. Hmm nyamannya..

Bakmi Gang Kelinci
Sambil menikmati bakmi tentu saja ngobrol ringan tentang jaman dulu bisa menjadi topik panas, sepanas kuah bakmi dan sekriuk pangsit goreng.. Asyik!

Ceritanya David dulu sekolah TK dan SD depan Plaza Metro Atom Pasar Baru, mulai "ancient story" melayangkan ingatan di tahun 80-an.

"Ingat nggak sekolah yang tadi kita lewatin?" Si mami-kan dulu ngajar disitu terus bla.. bla.. aku pernah dibully teman.. bla.. bla.. Eh kalau pulang sekolah aku suka diajakin makan bakmi tinggal jalan kaki aja.. yang ini enak.. kalau yang itu si mami paling suka.. bla.. bla.. ini sudah ada loh dari tahun 60-an.. bla.. bla..

Entar kita kunjungin satu-satu yuuk? Ayuuk siapa yang bisa nolak, entar anak-anak kita ajakin juga..

Oya kalau mau baca cerita makanan nostalgia ala Glodok langsung cuzz aja ke Kuliner Nostalgia Glodok.. ada ancient story ala-ala juga..

Kita mulai perjalanan berburu bakmi, begitu sampai langsung cari parkiran di Plaza Metro Atom Pasar Baru.

Naik lift langsung turun ke lantai dasar, ada semacam food court yang menjual berbagai jenis makanan termasuk kue-kue basah..


Nah yang paling pojok dekat jendela kaca itulah..

BAKMI SUI SEN

Terdengar suara nyaring yang berasal dari warung bakmi memanggil dan waktu seakan berhenti, saya berusaha mengingat dan menghilangkan kaget. Pertanyaan panjang langsung dilontarkan "Anak-anakmu sudah besar ya?" Sudah lebih dari 10 tahun kita nggak ketemu terus katanya si A'i sengaja datang jauh-jauh untuk makan di Bakmi Sui Sen sekalian jalan-jalan.

Fotografer andalan langsung mengambil gambar candid..


Ya.. ya.. ya.. Benar kan? Salah satu bakmi legendaris ini masih dicari, bahkan bisa membuat kita bertemu lagi dalam "cerita bakmi" setelah 10 tahun lebih tidak ketemu.. Ha.. ha.. ha..

Waktu menunjukkan jam 10 pagi tapi sudah lumayan ramai. Seperti ini suasananya..


Seperti warung bakmi sejenis kita bisa memilih topping daging, mau yang babi atau ayam atau campuran dengan tambahan bakso, pangsit ataupun swekiau..

Pilihan saya kali ini Bakmi Ayam Jamur Bakso, tersaji mi keriting halus dengan toping ayam suwir campur jamur.. nyam.. nyam..

Bakmi Ayam Jamur Bakso ala Bakmi Sui Sen
Soal rasa tergantung selera, tapi bisa menjadi alternatif pilihan saat blusukan ke Pasar Baru selain belanja tentunya.

Bakmi ini saya makan pada kunjungan pertama di Pasar Baru (hari lain). Nggak sanggup dari bakmi ke bakmi.. Ha.. ha.. ha..

Menuju pintu langsung keluar berjalan sebentar akan ketemu plang Pasar Baru..


Jalan sesuai petunjuk arah akan terlihat..

BAKMI GANG KELINCI



Warung bakmi yang bermula dari gerobak dan memulai debutnya tahun 1957 ini berhasil menjadi primadona kuliner bakmi di Pasar Baru dan sudah mengembangkan sayap dengan membuka beberapa cabang.

Andalan mereka dan juga favorite saya Bakmi Ayam Jamur ditemani pangsit goreng.. Nyam.. nyam..

Bakmi Ayam Jamur Pangsit goreng ala Bakmi GK
Di samping Bakmi GK ada gang sempit yang akan membawa kita menuju ke warung bakmi legendaris lainnya..

Gang Kelinci (jalan belakang kongsi)
Tapi!! Sebelum sampai ke bakmi legendaris lainnya, jangan lupa singgah sejenak di kedai cakwe yang tidak kalah "old".. Yaitu..

Cakwe dan Kue Bantal Ko Atek

Cemilan favorite masa kecil David, katanya si mami dulu sering banget beli waktu dia masih SD. Kedainya sudah ada sejak tahun 1971.

Walaupun cuma menjual 2 macam gorengan yaitu cakwe dengan rasa gurih dan juga kue bantal yang berasa manis, yang ngantri lumayan panjang loh..

Antrian di Kedai Cakwe Ko Atek
Dari sini langsung jalan lurus saja sampai mentok.. Bertemulah kita dengan..

BAKMI A BOEN


Kedai Bakmi A Boen
Kedai bakmi "Non Halal" dengan rasa juara ini sudah jualan sejak tahun 1962 dan tetap mempertahankan cita rasa aslinya. Pilihan topping bisa daging babi, ayam ataupun campuran keduanya dengan tambahan pangsit, swekiau, bakso goreng.. Tinggal lihat di daftar menu..


Langsung pesan tidak pakai lama, Bakmi Ayam Pangsit Kuah. Lebih seru lagi sambil makan ada kriuk.. kress rasa garing dari pangsit goreng dan bakso goreng yang dimakan bersama.. nyam.. nyam.. kriuk..

Bakmi Ayam Pangsit Kuah ala Bakmi A Boen

Pangsit Goreng ala Bakmi A Boen

Bakso Goreng ala Bakmi A Boen
Dari sini kita keluar dari gang sempit langsung jalan ke kanan menuju ke bagian samping Pusat Perbelanjaan Pasar Baru, ada bakmi legendaris satu lagi..

SEBELUMNYA..

Jangan lupa menikmati sejenak suasana Pasar Baru yang tentunya menjadi hal menyenangkan.. mengingatkan kembali kenangan masa kecil David, yang dengan semangat cerita dia suka sekali ke Gramedia*sambil celingak celinguk cari toko buku, itu toko kain langganan mami, toko sepatu legendaris kesukaan papi yang sudah ada dari tahun 40-an, bahkan anak-anaknya pun sdh mengembangkan usaha sepatu juga dengan nama bla.. bla..

Suasana Pasar Baru
Albert dengan wajah keheranan melihat toko jam yang katanya sudah ada sejak tahun 1935..

Berjalan bersama melihat toko-toko dan promosi yang ada.. terdengar lagu jadul ♬.. kunyanyikan lagu untukmu.. lagu senandung rindu..♪.. lagu kenangan masa lalu..♫ la.. la..♪ di toko sebelah nggak kalah pengeras suaranya "beli satu kaos harga..bla.. bla.. tapi kalau dua.. Ayo masuk.. rugi kalau nggak mampir" toko yang lain tidak kalah keras toa-nya juga.. Saing-saingan nih!

Eh itu ada toko baru buka masih ada karangan bunga.. katanya sih baru 4 hari.. all item 28 ribu..


Selain itu kami berjalan ke arah belakang, ketemu Matahari Dept. Store. Walaupun toko ini sudah punya banyak cabang dimana-mana tapi singgah sebentar juga oke. Apalagi bisnisnya ini didirikan pertama kali di Pasar Baru tahun 1958.


Cuaca panas membuat badan terasa lelah mari kita singgah di Bakmi legendaris yang satu lagi sudah ada sejak jaman dulu. Resto ini terkenal sebagai resto es krim awalnya..

TROPIK RESTO



Suasana adem sejuk AC menyapa kami, resto masih bernuansa jadoel. Lumayan juga bisa melepaskan lelah disini..


Lihat menu makanan untuk menentukan pilihan.. Fokus liatin bakmi dan es krim.. es krim yang enak pilihan saya dari dulu es krim Tutty Fruity.. kalau makanan saya tetap suka dengan rasa lontong cap gomeh. Kalau si Papa David tetap fokus berburu bakmi..

Rasa bakmi-nya enak tapi masih kategori biasa..

Bakmi Ayam Jamur

Lontong Cap go meh
Keistimewaan-nya masih di es krim, terutama Tutty Fruity..


Cerita kuliner begini memang asyik tapi bikin lapar.. jadi pengen makan cakwe..
Eh malah ditantangin "Masih ada satu lagi bakmi di Gang Kelinci yang belum kita datengin, tertarik?"
Ha? *gubrak..

Selalu ada alasan untuk kembali ke Pasar Baru.. "Mari kita wisata nostalgia darling!"


Pasar Baru mempunyai daya tarik tersendiri dengan sejarahnya yang panjang dan menjadi salah satu pusat perbelanjaan tertua di Jakarta yang didirikan tahun 1820..

Cocok juga kan kalau tempat ini dijadikan wisata sejarah, wisata belanja, wisata kuliner, wisata religi (ada 2 klenteng dengan sejarah panjang juga) dan juga wisata nostalgia..

Just Sharing


Tidak ada komentar:

Posting Komentar