Sabtu, 15 September 2018

Baking Time : DIY Bread

DIY Bread, maksudnya apa? Roti jenis baru? Sambil ngulen dan mikir mau bikin roti apa ya? Yang penting base dough-nya selesai dulu.. Entar baru dipikir mau bikin apa.. Terdengar suara si papa David manggil "Julie, lihat sini!" Cekrek..


Jadi ceritanya si Papa David ngajak nge-baking saat weekend, soalnya besok kan kids libur, jadi bisa ikut nge-ramein. Lagian juga kita punya mixer roti baru jadi pengen cobain pakai lagi supaya lebih terbiasa. (Baca : Our New Kitchen Gadget)

Tapi bingung mau bikin apa? Jeremy mau bikin donat, Albert mau bikin roti burger, saya mau ngabisin sisa bahan di kulkas sementara si Papa cuma mau ikut-ikutan yang penting baking.. Ha.. ha.. ha..

Doughnya pakai yang biasa kita bikin saja deh. Pernah cobain bikin roti mini yang jadinya 64 buah dalam satu adonan sekalian dengan hitung-hitungan harganya.. (Baca : Aneka Roti Mini Dalam Satu Adonan) Seperti ini penampakan roti mini-nya.. Lumayan ya?


Tapi kali ini kita mau bikin roti ukuran normal, jadi separuhnya saja 32 buah roti..

Siapkan bahan-bahan yang diperlukan..
- 1 bungkus tepung terigu protein tinggi (1 kg)
- 1 bungkus mentega
- 1 bungkus ragi instan (11 gram)
- 500 ml susu cair (1/2 kotak 1 liter)
- 100 gram gula pasir
- 1 sdt garam
- 4 butir telur (pakai 2 telur utuh + 2 Kuning telur)


Masukkan semua bahan kedalam mixer dan biarkan mesin itu bekerja..



Setelah itu biarkan adonan mengembang kurang lebih satu jam sambil menyiapkan topping dan isian.
Setelah sejam kempiskan adonan, ulen sebentar dan bagi adonan menjadi 32 buah.

Kempiskan adonan, ulen sebentar

Potong adonan

menjadi 32 buah
Kok besarnya beda-beda ya? Si Papa penasaran ditimbang satu-satu dan mendapatkan total berat 1912 gram, berat rata-rata persatuan 60 gram, dihitung standar deviasi pakai rumus Excel dapat 10 gram, jadi kisaran berat standar yang diperkenankan 50 -70 gram per piece (kata dia sih).

Bagaimana dengan hasil pembagian dough kami? Ternyata yang paling ringan 44 gram dan yang paling berat 81 gram. Ada yang kecil sekali dan ada yang besar, Nggak imbang nih! Lain kali bikin sesuai standar saja deh bila perlu ditimbang.


Sekarang terima dough apa adanya.. Mari bersiap-siap untuk bikin DIY Bread alias bentuk suka-suka sesuai kreasi-mu sendiri..


Mari berkreasi! Si Albert dan Jeremy heboh banget. Jeremy bikin kan jelek kurang bagus bentuknya, trus dia bikin suka-suka dia, Albert protes sambil perbaiki, Jeremy tersinggung sambil ngomel nggak senang. Tapi "Ah sudahlah!" tetap DIY (Do it yourself)..



Setelah berjuang keras, akhirnya dough kami pun selesai.. Entar ada yang mau dipanggang dan juga ada yang di goreng..


Eh itu roti sobek isi apa? Yang mana isi keju? Yang mana isi coklat? Nggak tahu-lah..


Seteleh digoreng untuk donat dan burger masih ada kelanjutan. Donat kita lapisi dengan cream cheese atasnya taburi meises atau keju parut dan burger diisi dengan homemade beef burger.


Sudah malam ya? Akhirnya selesai juga yang hasilnya dapat roti goreng coklat, roti sosis goreng dan donat cream cheese coklat dan keju.

Untuk yang dipanggang dapat roti sobek dan beef burger..

Roti goreng coklat, roti sosis goreng, donat

Beef burger, roti sobek
Hmm sebelum disimpan, foto dulu dong dengan hasil karya..


Selesai-lah baking kita hari ini.. see you..

Happy Baking


Tidak ada komentar:

Posting Komentar