Senin, 07 Mei 2018

Makanan Beku Rumahan

Makanan beku yang istilah kerennya "frozen food" ini pasti sudah terdengar biasa, apalagi di kalangan anak-anak pencinta nugget, kentang goreng dan lain sebagainya.

Tinggal ke supermarket pilih sesuai selera, ambil dan bayar. Kemudian simpan di freezer, goreng selagi nggak sempat masak atau sebagai tambahan lauk. Tapi sayangnya soal rasa ternyata tidak masuk selera, entah kenapa kids nggak begitu suka yang dibeli di supermarket.. katanya rasanya aneh.

Mari kita buat sendiri! Kalau di rumah kami sih sering banget bikin frozen food ala-ala yang kusuka, biasanya frozen food ini bisa menjadi penyelamat di kala kepepet soalnya bisa dijadikan lauk, bekal sekolah dan cemilan di kala lapar. Ini nih yang lumayan favorite..

Pangsit Goreng ala GM
Selain rasa yang bisa disesuaikan dengan selera keluarga, bonus lainnya kita bisa berhemat dibandingkan membeli yang sudah jadi di supermarket. Asyik kan?

Nugget Ayam

Makanan kesukaan anak-anak yang sangat mudah pembuatannya dan juga bisa kita kreasikan dari bahan daging, ikan, tahu, sayur dan masih banyak lagi. Nah yang paling gampang dan cocok selera yaitu campuran ayam giling dan parutan wortel yang berpadu jadi satu.. Nyam.. nyam..

Yang menyenangkan bisa dibentuk sesuai selera, untuk anak yang mau belajar alphabet juga bisa tuh tinggal beli cetakan huruf..

Bentuk nugget sesuai selera

Cetakan Alphabet
Buat yang banyak, goreng secukupnya sisanya bisa disimpan di freezer. Mau mencoba? klik di Chicken Nugget

Frozen Nugget
Pangsit

Kalau yang ini termasuk makanan kesukaan keluarga kami, mau pangsit kuah juga oke, yang goreng lebih oke, tergantung selera.

Pangsit Kuah Sayuran

Pangsit Goreng
Bahan kulitnya tentu saja lebih enak bikin sendiri, lebih puas dan masuk selera.

Kalau menurut David sih katanya "Julie, kamu berhasil bikin pangsit.. Pangsit goreng mirip yang di Bakmie GM terus yang kuah mirip Bakmie 31 daerah Kota" langsung dah si doi terkenang-kenang masa kecilnya.. Lupa sejenak dengan kerasnya kehidupan.. Ha.. ha.. ha.. *halah..

Sudah beberapa kali bikin nih pangsit, bahkan pernah nggak pakai daging cuma kulitnya doang terus digoreng, rasanya enak juga kok..

Jangan lupa buat yang banyak, bisa digoreng atau dibuat makanan berkuah, lebih asyik lagi kalau dimakan bersama mie rebus buatan sendiri.. Nyam.. nyam.. Eits jangan langsung diolah semua, kalau kebanyakan bisa disimpan di freezer kok, Pakai secukupnya saja..

Frozen Pangsit
Mau Mencoba? Klik di Pangsit Goreng ala GM

Bitterbalen

Katanya sih sejenis makanan dari Belanda, tapi nggak tahu juga rasa aslinya kayak gimana? Palingan yang dianggap agak-agak mirip sih dari Toko Oen yaitu resto tempo doeloe di Kota Semarang yang menyediakan makanan dengan resep "kuno" rumahan. Nah kayak begini bentuk Bitterbalen ala Toko Oen, mirip kroket ya? Tapi dibentuk bundar kecil-kecil..

Bitterballen ala Toko Oen Semarang
Yuk bikin tandingan! Kata kids, kelebihan bitterbalen buatan sendiri itu selain enak juga bulatan-nya lebih besar, jadi makannya lebih puas terus bisa order kapan saja..

Bitterbalen ala Rumahan
Buat yang banyak, goreng secukupnya dan sisanya bisa disimpan di freezer..

Frozen Bitterballen
Tertarik pengen coba? Klik di resep Bitterbalen

Pastel 

Kalau pastel ini cemilan favorite keluarga, jadi sering banget bikinnya. Soal rasa tentu saja enak, kalau nggak mana mungkin bikin ulang-ulang dengan berbagai variasi isi..

Pastel Goreng Renyah
Supaya selalu tersedia saat tiba-tiba ingin ngemil, mari kita simpan sebagian di freezer..

Frozen Pastel
Pengen coba? Bikin sendiri ya.. Lihat resepnya di Pastel Goreng Renyah

Cemilan Kentang

Nah ini dia yang paling banyak variasinya. Kentang bisa disandingkan dengan berbagai masakan lain, dibikin balado, untuk sup juga asyik. Tapi ini kan cerita tentang makanan beku, jadinya kita bikin yang bisa disimpan di freezer saja, gimana? Tentu saja sesuai selera yang lagi bercerita..

  • Kroket Kentang
Cemilan klasik ini memang tidak pernah membosankan, selalu ngangenin untuk dinikmati dengan tekstur lembut kentang di bagian dalam dan renyah gurih di bagian luar. Asyik ya! Apalagi kalau buatan sendiri, lebih puas, tapi tetap harus dijatah dong makannya, jangan berlebihan juga..

Kroket Kentang isi daging wortel
Jangan lupa sediakan cadangan di freezer, kalau lagi mau ngemil tinggal di goreng..

Frozen Kroket Kentang
Tertarik? Lihat resep di Kroket Kentang

  • Kentang Keju
Nah ini hasil kreasi uji coba bahan kentang. Kentang dikukus kemudian dihaluskan (+/- 500 gram) ditambahkan keju parut (100 gram) + tepung kentang (130 gram) + seledri iris halus, kaldu bubuk, garam dan lada secukupnya dicampur sampai menyatu. Ambil adonan pipihkan dengan rolling pin, potong sama panjang. Goreng kentang sampai matang. 

Kentang Keju Goreng
Soal rasa? kata David mirip dengan hash brown, cuma ini lebih cheesy, renyah di luar dan lembut di dalammya.. Nyam.. nyam.. 

Jeremy bilang enak sekali kayak kentang goreng tapi pakai keju.. Yummy..

Kalau makan kentang keju ini secukupnya saja, jadi jangan digoreng semua, sisanya bisa disimpan di freezer..

Frozen Kentang Keju

  • Bola-Bola Kentang
Kentang yang dihaluskan kemudian dicampur dengan telur rebus yang dicincang kasar kemudian dibulatkan dan dilapisi pakai tepung panir bisa menjadi alternatif pilihan. Enak juga kok dimakan dengan nasi hangat sebagai tambahan lauk..

Bola-Bola Kentang Goreng
Jangan lupa simpan juga untuk cadangan di freezer..


Mau coba? Lihat resepnya di Bola-Bola Kentang

Makanan beku yang dibuat bisa di simpan dengan rapi dalam kotak yang kedap dan juga food grade, terus diatur dengan rapi di freezer..


Menyimpan makanan beku ini terkadang diperlukan di rumah, jadi saat butuh sudah tersedia..

Just Sharing


Tidak ada komentar:

Posting Komentar