Senin, 09 Desember 2019

LES ANAK JAMAN NOW - PART 1

Dalam rangka merayakan hari kemerdekaan 17 Agustus 2019 ESDA ngadain lomba 3D secara live di mall Pluit Village. Jadi yang merasa sebagai praktisi 3D boleh dong ikutan berkompetisi menunjukkan bakatnya.


Sang praktisi 3D ternyata bisa ngebuktiin juga kalau dia berprestasi dengan karya..


Ceile sejak kapan Albert jadi praktisi 3D yak? Coba diingat-ingat dulu.. Ya.. ya.. ya waktu kita jalan-jalan bulan Desember pas di hari Natal 2017, lihat ada pameran robotic dengan kursus 3D Animasi dari Savier, langsung kita samperin tanya-tanya..

Si Papa langsung melihat peluang masa depan untuk Albert di kursus 3D. Soalnya dia lihat itu anak ada bakat-lah.

Albert ditanyain, si bocah langsung tertarik. Pokoknya segala yang berjenis robotic, animasi, modelling, ngerakit gundam semacam begitulah dia suka. Coba suruh dia ikut futsal, badminton, lari, pencak silat dan sejenisnya pasti dia jawab BIG NO..

Baiklah mari kita daftar.. biasanya kalau pameran itu suka ada promonya. Untuk menunjukkan keseriusan kita langsung bayar 4 level. Dan menjadi hadiah Natal untuk Albert.

Albert mulai periode kursus di Savier bulan Januari 2018 sampai setahun ke depan.. sistemnya boleh datang kapan saja dan berapa jam belajarnya suka-suka selama jam operasional.

Berhubung tempatnya lumayan jauh dan Albert juga sekolah, jadilah kita pilih setiap hari Sabtu.

Albert ikut kursus dengan sukacita pada awalnya, jauh dan macet ditempuh dengan semangat..




Tapi? Yang nganter dia nggak kuat, siapa lagi kalau bukan Papa, Mama dan Jeremy.. pinggang encok, bosan saat macet, tungguin dia les sambil nge-mall yang berakibat besar pasak daripada tiang.. Haiya.. Nggak asyik banget-kan?

Pakai driver kenalan yang cuma tahan sebulan, dia dapat kerja yang masuk juga hari Sabtu.

Albert disuruh pakai Grab, dia cuma mau perginya tapi pulangnya harus kita jemput. Akhirnya dengan tabah kita jalani.. Hiks..

Akhirnya selesai juga kursusnya di bulan januari 2019, kita kasih tahu pihak Savier nggak lanjut dulu, tunggu anaknya mandiri bisa pulang pergi sendiri.. ya paling tidak pas SMA-lah..

Mereka sih menyayangkan soalnya terlihat Albert punya bakat dan juga tertarik dengan 3D. Tapi mau bagaimana lagi? Sudah nggak kuat Ferguso..

Hanya beberapa bulan Albert tidak les, tiba-tiba terlihat tulisan Enspire School of Digital Art (ESDA) di salah satu ruko yang sering kita lewati kalau mau ke gereja. Si Papa bilang itu kayaknya tempat kursus 3D.

Pulang gereja kita singgah ngintip-ngintip dari luar tapi kok tutup ya? Ada tuh 2 kali.. Kita pikir kurang peminat kali yak makanya tutup.. Ha.. ha.. ha..

Nggak sadar.. mana ada tempat kursus yang buka hari Minggu??

Sampai si Papa baca WhatsApp group yang share tentang Grand Opening ESDA CIKUPA dan juga ada seminar, free trial, snack, potongan harga, dan lain-lain.

Ya ampun ternyata kita kenal juga sama yang buka tempat kursus.. ternyata masih mantan tetangga di daerah CitraRaya. Memang jodoh nggak lari kemana. Ngobrol sama istrinya katanya dia ambil franchise-nya soalnya anaknya juga mau kursus.

Kita ikut seminarnya tanggal 3 Agustus 2019, yang bawain seminar Andre Surya founder dari ESDA, seorang Animator 3D International dan sudah berpengalaman ceritanya.

Dengerin seminar tentang pengalaman dia, tentang 3D di masa depan dan bla.. bla.. sambil ngemil lemper terus bisik-bisikan sama Albert.. Gimana?.. Gimana?..

Sesi tanya jawab diganti dengan diskusi. Terakhir kita tertarik untuk ikut tapi kalau bisa jangan dari awal lagi. Nah pak Andre ini mau lihat portofolio Albert untuk dinilai dan juga sertifikatnya. langsung dikirim ke ESDA Pusat.

Puji Tuhan! Albert bisa ikut di level selanjutnya.. Thanks God..

Tidak menunggu lama.. Awal Agustus 2019 Albert mulai les. Eh dikasih tau sama kakak di ESDA ada lomba 3D. "Albert minat ikut nggak? Kalau mau lihat Instagramnya langsung daftar sendiri di panitianya"

Awalnya Albert ragu soalnya sudah 6 bulan vakum terus dia juga masih level 4. Kita dorong dia kasih semangat.. Cia yo! Nggak geming tapi pas lihat hadiahnya.. matanya langsung berbinar-binar.. Albert ikut!

Prosesnya dia jalanin sendiri mulai dari whatsapp panitia dan juga pinjam laptop dari panitia. Albert masuk kategori murid ESDA jadi nggak bayar uang pendaftaran.

Albert daftar di hari terakhir lomba, kesempatan belajar seminggu lagi dia pakai sebaik-baiknya di tempat les dibantu kakak pembimbing..

Kategori lomba ada 2 yaitu animasi dan modelling juga dibedakan dari tingkat usia. Albert ikut 3D Modelling kategori anak. yang hadiahnya :
Juara 1 : Paket tour untuk 2 orang (Pilih Bali, Singapura atau Thailand)
Juara 2 : Uang tunai 7.500.000
Juara 3 : Printer 3D (sponsor)

Ternyata Albert berharap dapat juara 3, langsung adiknya bilang "Ko, juara II juga nggak apa, entar beli printernya terus sisa uang ditabung." Kalau dipikir kok pinteran yang kecil ya.. Ha.. ha.. ha..

Itu anak berdua nggak berharap dapat juara 1 katanya yang berangkat entar cuma 2 orang, kalau tambah orang entar suruh bayar lagi.. Rugi bandar.. Ha.. ha.. ha..

Saya bilang belum juga lomba sudah mikirin dapat hadiahnya.. Hadeeh *tepuk jidat

Tiba hari yang dinanti tepat di hari kemerdekaan Indonesia tgl 17 Agustus 2019.. kita datang ke lokasi langsung daftar ulang terus cari panitia yang mau pinjamin laptop.

Lihat peserta lain bawa laptop, PC sendiri bahkan ada yang bawa PC Gaming canggih.. Si Papa langsung merasa tertampar bisikin ke saya "Lain kali kita nggak boleh cuek ya?" Maksud lo? Modalin si Albert juga dong.. Ha.. ha.. ha..

Yang ikut ternyata banyak juga. Tema lomba belum dikasih tahu hanya dibilang dalam lomba jangan ada kecurangan entar dapat sanksi bla..bla..bla..

Selama lomba ada perform dari sekolah dan juga dari berbagai tempat kursus vokal dimana murid-muridnya nyanyi lagu perjuangan..


Sang adik pesan sama koko Albert "Ko, tetap semangat jangan sampai nggak menang! Entar Jeremy doain supaya koko menang" Terus si bocah tanya lagi "Mau makan apa? Entar Jeremy beliin chatime"

Apa yang terjadi? Jeremy yang nawarin Mama juga yang disuruh pergi beli. Mereka duduk manis katanya mau kasih semangat si Koko.

Jadi sambil nge-design peserta boleh makan dan minum.. Santai saja bro!

Tiba saat pengumuman.. Kok kita semua deg-degan ya? Masalahnya sudah ikut nungguin lombanya 5 jam, kaki capek jalan di Mall, Jeremy bahkan bilang, "Nggak usah lihat atau beli mainan, Yang penting koko menang" *sambil komat-kamit doa..

Akhirnya! Tidak sia-sia penantian kami.. Thanks God! Albert dapat juara 2. Langsung Pak Andre salamin kami berdua. Jeremy langsung lari peluk Koko sebelum naik panggung.. Waktu serasa berhenti sejenak "moment yang indah" dan berharap ini jadi langkah awal bagi Albert..


Terpilih 18 pemenang berbagai kategori, dipanggil satu persatu yang maju dengan bangga dan haru menerima penghargaan.. ♫ We are the champion, my friends ♬ And we'll keep on fighting 'till the end ♪ la.. la..

Pas giliran Albert, iseng dia ditanyain "Entar uangnya untuk apa?" Albert menjawab dengan polos beli printer 3D, langsung terdengar suara tawa membahana dari para hadirin.. Pak Andre tertawa sambil bercanda bilang "Waduh hadiahnya bisa tukaran dengan juara 3 dong"


Selesailah prosesi penghargaan, yang menang langsung diajak foto dengan piala dan hadiahnya.


Kami ikut senang dengan prestasi Albert, kayaknya nggak sia-sia deh dia kursus 3D dan juga bisa membuktikan bahwa dia benar-benar minat dan juga suka nge-design gambar 3D.


Singkat kata kita pulang kayak pasukan menang perang. Dipanggil lagi dikasih koper travelling, lebih sumringah lagi dong. Suruh Jeremy yang dorong kopernya..


Sekarang Albert ikut kursus 3D di ESDA CIKUPA..

Hasil karya 3D Albert biasa dia share di IG pribadinya j_albert05 (kalau lagi rajin). Kayak gini nih beberapa contoh..





Sebelum ikut kursus 3D Albert sempat juga ikut ekskul kelas Robotic waktu masih SD di Jakarta, Rekanan sekolahnya dengan Sekolah Robot Indonesia (SARI), yang sayangnya tidak dia tekuni lagi.

Mengapa? Lanjut di Part 2 ya.. see you..

Just Sharing

1 komentar:

  1. This is how my friend Wesley Virgin's biography begins in this SHOCKING and controversial VIDEO.

    Wesley was in the army-and shortly after leaving-he revealed hidden, "SELF MIND CONTROL" tactics that the government and others used to get anything they want.

    These are the exact same SECRETS many famous people (especially those who "became famous out of nowhere") and elite business people used to become rich and famous.

    You probably know how you only use 10% of your brain.

    Mostly, that's because most of your BRAINPOWER is UNCONSCIOUS.

    Maybe this conversation has even occurred INSIDE your own head... as it did in my good friend Wesley Virgin's head seven years ago, while riding a non-registered, beat-up bucket of a car with a suspended driver's license and with $3 in his pocket.

    "I'm very frustrated with going through life paycheck to paycheck! When will I get my big break?"

    You took part in those types of thoughts, ain't it right?

    Your very own success story is waiting to be written. You just need to take a leap of faith in YOURSELF.

    Watch Wesley Virgin's Video Now!

    BalasHapus